Rabu, 24 April 2013

TENTANG KATSUOBUSHI

 Katsuobushi adalah makanan awetan yang sering dijadikan sebagai bumbu masak di Jepang dan berbahan baku ikan cakalang (katsuo).
Katsuobushi diserut menjadi seperti serutan kayu yang sangat tipis menyerupai "kembang" sehingga biasa juga disebut HANA KATSUOBUSHI (Kembang Katsuobushi) untuk diambil kaldunya yang merupakan bahan dasar masakan Jepang, ditaburkan di atas makanan sebagai penyedap rasa, atau dimakan begitu saja sebagai lauk.
Katsuobushi, juga disebut "Ikan kayu" Dried Bonito Smoked dalam bahasa Inggris, adalah bahan yang sangat tradisional yang terbuat dari ikan cakalang (juga dikenal sebagai bonito).
Karena rasa yang unik dan aroma, Katsuobushi umumnya digunakan sebagai bumbu atau sebagai dasar penyedap untuk membuat begitu banyak masakan Jepang populer.

Karena popularitas makanan Jepang di seluruh dunia, katsuobushi telah memperoleh tempat yang menonjol di banyak masakan di seluruh dunia tidak hanya untuk rasa indah, tetapi juga untuk nilai gizi tinggi.

Katsuobushi yang sudah diserut tipis, berwarna coklat muda hingga merah jambu sedikit bening.


Katsuobushi sebagai penyedap makanan biasanya ditaburkan di atas hiyayako (tahu dingin), Okonomiyaki dan Takoyaki. Katsuobushi yang sudah diserut disebut Hana Katsuobushi



Selain makanan tersebut diatas,bisa juga digunakan untuk miso sup,mie kaldu atau mie goreng, nasi goreng, salad dan isian untuk onigiri (nasi). Sebenarnya mereka digunakan dalam beberapa banyak hidangan yang mustahil untuk disebutkan nama mereka semua.  
Katsuobushi dikenal sangat rendah lemak dan tinggi gizinya, mengandung zat besi, kalium, triptofan, asam amino histidin, asam inosinic, niasin.

Disamping sebagai Taburan (Topping), Katsuobushi dapat juga dijadikan sebagai bumbu masak, tapi tentunya diolah terlebih dahulu dan dicampur berbagai jenis produk lain, bumbu ini disebut :

FURIKAKE.
Furikake ini hampir mirip dengan Abon Ikan di Indonesia dan merupakan bumbu Jepang yang paling populer digunakan sebagai bumbu untuk nasi dan terbuat dari puluhan jenis campuran diantaranya wijen panggang, potongan nori, katsuobushi, sayuran kering, telur kering , garam dan rempah-rempah.  


Katsuobushi dapat juga dijadikan TEMAKI, yaitu pembungkus nasi dan pengganti Nori sbb:







1 komentar:

  1. Saya,punya usaha Pembuatan ikan kayu yang ada di manado meras kec.Bunaken
    Tapi saya kesulitan mau jual kemana,Karena di manado dan bitung kurang pembeli.
    jadi untuk saat ini saya lagi belum ada produksi karena,mau di jual kemana?
    Sekiranya ada investor atau buyer yg mau kerjasama dgn saya,saya ingin Jadi Mitra
    usaha untuk usaha ikan kayu.Mungkin ada teman atau pengusaha yg ingin kerja sama
    mohon di info ke WA 085256733656-05256607250 terima kasih

    BalasHapus