Rabu, 24 April 2013

MAKANAN YANG MENGGUNAKAN HANA-KATSUOBUSHI

Berikut ini ada beberapa Makanan yang menggunakan Hana-Katsuobushi sebagai penyedap.

TAKOYAKI
Takoyaki nama makanan asal daerah Kansai di Jepang , berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita atau cumi di dalamnya.
Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan.
Takoyaki dimakan dengan menggunakan sumpit atau tusuk gigi. Penjual takoyaki selalu memberikan 2 batang tusuk gigi untuk satu orang, karena takoyaki yang ditusuk dengan sebatang tusuk gigi bisa berputar-putar sewaktu diangkat dan jatuh sebelum masuk ke mulut.


 Makanan Takoyaki sudah menjamur di kota-kota besar seperti Jakarta,Surabaya,Bandung,Jogya,Bali dan Makssar. Sangat mudah di temukan di Mall-mall, apalagi dengan adanya HANA-KATSUOBUSHI produk PT.Omereso yang sangat terjangkau harganya.

Video cara membuat Takoyaki


OKONOMIYAKI (mirip Martabak atau Pizza)

Okonomiyaki adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol,telur ayam,makanan laut dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan.
Okonomiyaki adalah salah satu jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja atau sebagai lauk teman nasi putih. Okonomiyaki sering dimakan dngan sendok datar yang disebut kote (hera) yang juga berfungsi sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki.



Video cara membuat Okonomiyaki

Cemilan diatas sudah banyak di jumpai di kota-kota besar di Indonesia, biasanya lokasinya terdapat di Mal-mal berupa counter.

Bahkan PIZZA HUT Indonesia sudah menggunkan Hana Katsuo-bushi produk PT.OMERESO FOODS sebagai topping pada salah satu produknya seperti foto berikut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar